Memalukan, Pemerintah Kudeta Mesir Kelabui Uni Afrika - Bulan Sabit Kembar

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

11 April 2014

Memalukan, Pemerintah Kudeta Mesir Kelabui Uni Afrika


Kelompok aktivis politik Mesir, Gerakan 6 April, menuding pemerintah kudeta Mesir telah mengelabui Uni Afrika dengan mengutus delegasi palsu atas nama Gerakan 6 April untuk bertemu komite khusus Uni Afrika dalam rangka membicarakan perkembangan politik terakhir di Mesir.

Ketua Biro Politik Gerakan 6 April, Mostafa Maher, menyatakan bahwa Uni Afrika, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Mesir, mengundang delegasi resmi Gerakan 6 April untuk membicarakan krisis politik di Mesir.

Alih-alih meneruskan undangan tersebut ke Gerakan 6 April, Kemlu Mesir mengutus dua orang aktivis muda pro-kudeta militer bernama Tarek Al-Khouli dan Amr Ezz dengan mengatasnamakan Gerakan 6 April.

Maher mengakui bahwa sebelumnya kedua aktivis pro-kudeta tersebut merupakan anggota Gerakan 6 April tetapi telah dipecat karena melanggar visi dan misi gerakan. Kemlu Mesir menggunakan kedua aktivis tersebut atas nama kelompok oposisi Gerakan 6 April untuk mengelabui Uni Afrika tentang realita yang sesungguhnya terjadi di Mesir.

Pimpinan Gerakan 6 April yang lain, Muhammad Fuad, menuntut Kemlu Mesir untuk memberikan penjelasan terhadap langkah memalukan tersebut dan meminta maaf secara terbuka kepada Gerakan 6 April dan rakyat Mesir.

Lebih lanjut, Fuad menegaskan bahwa langkah Kemlu Mesir tersebut semakin memperburuk citra Mesir di Uni Afrika yang telah membekukan keanggotaan Mesir di organisasi regional Afrika tersebut sejak peristiwa kudeta militer, 3 Juli 2013 lalu.

Pada 9 April lalu, utusan khusus Uni Afrika berkunjung ke Cairo untuk memantau dari dekat situasi perkembangan dalam negeri Mesir. Selain bertemu dengan pemerintahan kudeta, utusan tersebut juga bertemu dengan perwakilan Koalisi Nasional Pendukung Legalitas dan Presiden Mursi.

Kunjungan tersebut tercatat sebagai kunjungan ketiga Uni Afrika ke Mesir untuk menggali informasi lebih dalam terkait kelanjutan pembekuan sementara keanggotaan Mesir di organisasi regional Afrika tersebut. (dakwatuna)






Sumber : Facebook Artati Sansumardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here