Parpol pendukung Jokowi sudah puas pembagian jatah menteri - Bulan Sabit Kembar

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

24 Oktober 2014

Parpol pendukung Jokowi sudah puas pembagian jatah menteri


Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto memastikan seluruh partai pendukung Jokowi-JK sudah puas dengan jatah menteri yang telah diberikan. Karena itu, pengumuman kabinet akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Seleksinya relatif 99 persen selesai tadi sore. Komposisinya relatif masih sama. 16, 18. Proporsi masing-masing parpol sudah disepakati sudah sesuai dengan komposisi yang diminta Pak Jokowi dengan kebutuhan di posisi-posisi mana," kata Andi di halaman Istana Jakarta, Kamis (23/10).

Sementara terkait dengan dibentuknya Kementerian Koordinator Kemaritiman, Andi menjelaskan bahwa hal itu tidak perlu izin DPR. Sebab dalam UU tentang Kementerian Negara, posisi DPR hanya diminta pertimbangan bukan persetujuan.

"Pasal 16 dan 19 UU Kementerian tak dibutuhkan pertimbangan DPR kalau ada bentukan (kementerian) baru. Karena ini sebelumnya nol, nol menjadi baru tidak dibutuhkan pertimbangan DPR," ujarnya.

Nantinya, Kementerian Koordinator Kemaritiman ini akan membawahi seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, dan Kementerian Pariwisata. "Nanti ada empat atau lima kementerian," jelasnya.

Andi menjelaskan, kementerian koordinator tersebut mengurusi enam hal besar. Yaitu mengurusi pariwisata, kedaulatan pangan laut sebagai pilar nelayan, infrastruktur kemaritiman, diplomasi maritim, dan pertahanan atau kekuatan laut.

Setelah pos-pos kementerian terisi, dalam waktu dekat Presiden Jokowi akan mengumumkan kabinet. Soal waktunya, Andi enggan menyebut.

"Pengumumannya mempertimbangkan etika kelembagaan karena ada surat yang sudah dilayangkan Pak Jokowi kepada DPR. Itu dulu yang jadi pertimbangan. Tujuh hari sejak surat diterima pada Selasa. Rabu depan batasnya," katanya.






Sumber : merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here