Dua Kampanye PDIP Banten Diwarnai Saweran Duit - Bulan Sabit Kembar

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

22 Maret 2014

Dua Kampanye PDIP Banten Diwarnai Saweran Duit


Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan memanggil pengurus PDI Perjuangan. Pemanggilan ini terkait dugaan penggunaan uang saat kampanye di Tangerang Selatan.

"Panwaslu Kota Tangerang akan segera memanggil PDIP untuk dimintai keterangan," kata Ketua Panwaslu Kota Tangerang Selatan, Engel Hartia Bhayangkara kepada wartawan, Kamis (20/03) malam.

Setidaknya, ada tiga dugaan aksi bagi uang yang dilakukan oleh PDIP selama kampanye di Lapangan Celenggang, Serpong, Tangerang Selatan pada hari Kamis (20/03). Kampanye yang dihadiri ratusan moncong putih tersebut menghadirkan jurkam Wakil Gubernur Banten, Rano Karno dan beberapa caleg DPR-RI asal dapil Banten III.

Pertama pemberian uang kepada massa yang diberangkatkan caleg ke arena kampanye. Kedua, pemberian uang terhadap penyanyi saat kampanye. Kemudian, pemberian uang terhadap massa kampanye dari atas panggung.

Rian, peserta kampanye asal Pondok Aren, mengaku dijanjikan uang Rp 50 ribu oleh koordinator kampanye. Meski pun uang itu baru akan dibagikan setelah mengikuti kampanye. "Sekarang belum dikasih uanganya. Katanya nanti, di rumah calegnya mau dikasih Rp 50 ribu," kata Rian.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kota Tangerang Selatan, TB Bayu Murnadi juga terlihat membagikan uang dari atas panggung ke pada massa kampanye. Lalu, beberapa caleg terlihat membagikan uang kepada peyanyi yang didatangkan untuk menghibur massa kampanye.

Caleg DPRD Kota Tangsel dari PDIP, Iwan Rahayu berkilah, tidak ada pembagian uang terhadap massa kampanye. Caleg pun hanya memberikan uang kepada penyanyi, dan itu bukan termasuk kategori pelanggaran.

"Bukan bagi-bagi uang, tapi hanya sawer sama penyanyi," kata dia.Namun, Iwan mengatakan, siap menghadiri panggilan Panwaslu tindakan itu dianggap pelanggaran kampanye.

Terpisah, dihari yang sama, kampanye terbuka PDI-P di Kota Serang yang digelar di Lapangan Kepandean, Kota Serang, Banten, Kamis (20/3), diwarnai tebar-tebar uang oleh para Caleg.

Berdasarkan pantauan dilapangan, bagi-bagi uang dilakukan oleh sejumlah caleg PDI Perjuangan disaat acara hiburan musik dangdut berlangsung.

Uang yang dibagikan kepada simpatisan yang berada di bawah panggung dan juga kepada sejumlah biduan dangdut nilainya bervariasi dari Rp 5 ribu hingga Rp 100 ribu. Aksi ini berlangsung tanpa ada peringatan ataupun pencegahan dari pengurus DPC PDIP Kota Serang.

Ketua Panwaslu Kota Serang, Rohman, membenarkan adanya dugaan pelanggaran politik uang dengan membagikan uang kepada para calon pemilih ataupun simpatisan partai yang dilakukan saat berlangsungnya kampanye terbuka PDI-P Kota Serang.

"Benar, saya lihat sendiri meski dari jauh memang ada yang membagi-bagikan uang dari atas panggung," ujarnya.

Rohman mengatakan, rencananya malam ini pihaknya akan segera melayangkan surat pemanggilan kepada Ketua DPC PDI-P Kota Serang untuk mengklarifikasikan hal tersebut.

"Karena kita diberi waktu sangat mepet, malam ini juga kami layangkan surat untuk kemudian besok dimintai klarifikasinya," terangnya.





Sumber : Facebook Artati Sansumardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here