Dipertanyakan, Upaya PDI-P Kumpulkan Pengusaha Sebelum Capreskan Jokowi - Bulan Sabit Kembar

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

15 Maret 2014

Dipertanyakan, Upaya PDI-P Kumpulkan Pengusaha Sebelum Capreskan Jokowi

        Ketua Bappilu DPP PDI-P Puan Maharani saat membacakan keputusan PDI-P yang menunjuk Joko    Widodo sebagai calon presiden, Jumat (14/3/2014), di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Selatan.

Pengamat politik, Gun Gun Heryanto, mempertanyakan maksud Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengumpulkan puluhan pengusaha sehari sebelum menetapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden. Ia berharap Jokowi waspada dalam menjalin hubungan simbiosis mutualisme antara partai dan pengusaha.

Gun Gun mengatakan, sejarah politik di Indonesia kerap menunjukkan adanya hubungan saling menguntungkan antara pengusaha dan partai. Ia menengarai hubungan itu dapat berdampak pada sistem pemerintahan bila partai tersebut menjadi penguasa, dalam hal ini jika Jokowi terpilih menjadi presiden.

"Ini harus dipelajari betul oleh Jokowi kalau dia menang kontestasi karena investasi yang digelontorkan pengusaha bisa jadi alat sandera kepada presiden terpilih," kata Gun Gun saat dihubungi, Jumat (14/4/2014) sore.

Menurut Gun Gun, pengusaha biasanya berusaha mendekati partai politik yang potensial untuk berkuasa. Pada tahun 2004, misalnya, Gun Gun menyebut para pengusaha mendekati Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Partai Demokrat.

"Pebisnis juga biasanya melihat tren kecenderungan siapa yang paling potensial. Ini sekarang berbondong-bondong masuk PDI-P. Contoh Hartati Murdaya di rezim SBY, pengusaha dengan penguasa bisa ciptakan satu tren baru dalam politik yang disebut entrepreneur rule, itu pengusaha yang miliki akses terhadap pemerintahan dan kekuasaan," kata akademisi UIN Syarif Hidayatullah itu.

Oleh karena itu, dia menengarai pengusaha yang datang ke markas PDI-P kemarin sudah mengetahui kalau Jokowi akan diusung sebagai calon presiden. Mereka melihat bahwa Jokowi tidak mungkin akan kalah dalam pilpres mendatang.

"Mereka bukan sebagai anggota, tapi menunjukkan pengusaha di belakang PDI-P dan di belakang pencalonan Jokowi. Ini pengusaha sangat paham siapa yang potensial, kalau kemarin pengusaha datang, jadi pengusaha sudah membaca Jokowi sulit dilawan kompetitor," ujarnya.

Semalam PDI-P mengundang 75 pengusaha ke Kantor DPP PDI-P di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sekitar 60 pengusaha menghadiri acara tertutup yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri itu. Siang ini, Jokowi menyatakan siap menjadi calon presiden dari PDI-P setelah menerima mandat dari Megawati.





Sumber : Facebook Artati Sansumardi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here