Survei Membuktikan, Warga Kota Bandung Bahagia - Bulan Sabit Kembar

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

17 Januari 2015

Survei Membuktikan, Warga Kota Bandung Bahagia



Bersasarkan survei indeks kebahagiaan, warga Kota Bandung cenderung dalam kategori bahagia. Survei di tingkat kota ini merupakana yang pertama di Indonesia.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung Chairul Anwar mengatakanl, survei indeks kebahagiaan yang terbilang masih baru sudah pernah dilakukan untuk skala nasional.

“Bandung menjadi kota pertama yang mengadakan survei indeks kebahagiaan,” ujar Chairul, Rabu (14/1/2015).

Chairul menambahkan jika pelaksanaan survei dilakukan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kota Bandung.

Survei dilakukan sejak pertengahan 2014 dengan melibatkan sampel acak 1.080 responden berupa rumah tangga yang tersebar di ratusan blok sensus di Kota Bandung.

Survei tersebut menggunakan 10 variabel yaitu pendidikan, kesehatan, pekerjaan, pendapatan, keamanan, hubungan sosial, ketersediaan waktu luang, kondisi rumah, kondisi lingkungan, serta keharmonisan keluarga.

“Kami harus menyinkronkan data dulu, baru dipublikasikan nanti serentak dengan yang tingkat peovinsi pada 5 Februari. Namun, secara prinsip, penelitian sudah selesai. Kecenderungannya, warga Kota Bandung cenderung bahagia,” Kata Chairul.

Survei semacam ini akan dilakukan secara berkala untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Tak tertutup kemungkinan materi kajian lebih mendalam mengenai isu tertentu.

“Tahun depan rencananya lebih spesifik tentang kepuasan masyarakat terhadap pembangunan di Kota Bandung,” ujar Chairul. (infobandung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here